Minggu, 24 Juni 2012



   
LAPORAN
PROGRAM PRAKTIK KEGURUAN (PPK)
DI SD NEGERI 2 KEMBANGAN





ikip budut.jpg.png




OLEH:
NAMA : GALIH PRIYATNO
NPM : 2102213510114





PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
TAHUN 2012




PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA
UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN BUKATEJA

SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEMBANGAN

Al          Alamat : Jl. Raya Kembangan, Kec. Bukateja, Kab. Purbalingga KP.53382

 


SURAT KETERANGAN
Nomor : 800 / 207 / 2012

Kepala SD NEGERI 2 KEMBANGAN menerangkan bahwa:
NAMA                                    : GALIH PRIYATNO
NPM                                       : 2102213510114
FAKULTAS / KEJURUAN  : FPIEK / PJKR
SEMESTER                            : IV
PERGURUAN TINGGI        : IKIP BUDI UTOMO MALANG
Telah melaksanakan Program Praktik Keguruan (PPK) dari tanggal 09 April  sampai dengan 11 Juni 2012 dengan baik.
Dengan demikian  kepada mahasiswa tersebut kami memberikan nilai : A
 Demikian surat keterangan ini dibuat untuk sebagaimana mestinya.

Kembangan, 14 Juni 2012
Kepala Sekolah


SUPRAPTO
NIP. 19700910 199303 1 004
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                       :   SD NEGERI 2 KEMBANGAN
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   V(LIMA)/(II)
Alokasi waktu           :  16 x 35 menit(4 x pertemuan)
Standar Kompetesi   :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar     :   1.2.  Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Indikator                    :
Ø  Menggiring bola
Ø  Mengontrol bola
Ø  Menendang bola
Ø  Menyundul bola
Ø  Melempar Bola
Ø  Menjaga posisi pertahanan dan penyerangan
Ø  Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana
A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa melakukan gerakan: mengontrol, menggiring,menendang menyundul dan melempar bola dengan benar
§  Siswa dapat menjaga posisi pertahanan dan melakukan penyerangan
§  Siswa dapat bermain sepak bola dengan peraturan sederhana
v  Karakter siswa yang diharapkan :  
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Bersahabat, Menghargai prestasi,  Peduli sosial,  Tanggung jawab
B.     Materi Pembelajaran
§  Latihan/gerak dasar sepak bola : mengontrol, menendang, menggiring, menyundul melempar bola
§  Latihan posisi pertahanan dan penyerangan
§  Permainan sepak bola
C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah,tanyajawab,demontrasi,latihan dan penugasan.
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Inti: Pertemuan l (Tanggal 11 April 2012)
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Baris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan mengarah ke inti











































































  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kegiatan juggling









F Melakukan gerakan menggiring bola







F melakukan gerakan passing dengan kaki bagian dalam


 









F melakukan gerakan passing dengan menggunakan punggung sepatu                                                                                                                                                                                                                                                                         
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.


Pertemuan ll (18 April 2012)
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mengulangi latihan dasar sepak bola
F melakukan gerakang mengontrol bola dengan telapak kaki
F melakukan gerakan mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
F bermain sepak bola dengan peraturan sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.
Pertemuan lll (Tanggal 25 April 2012)
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan gerakan menyundul bola








F Melakukan gerakan melempar bola (throw in)






F bermain sepak bola dengan peraturan sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan IV ( Tanggal 2 Mei 2012)
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kombinasi gerakan menendang dan mengontol
F Melakukan kombinasi gerakan menggiring dan menendang
F Melakukan kombinasi gerakan menendang dan menyundul
F Melakukan kombinasi gerakan melempar dan mengontrol
F Latihan pertahanan dan penyerangan
F melakukan penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.
E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl
§  Buku Dasar-dasar sepak bola karya Danny Mielke
F.     Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,  
·        Menghargai prestasi,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·   Menendang bola
·   Mengontrol bola
·   Menggiring bola
·   Melempar bola(throw in)
·   Menyundul bola
·   Latihan pertahanan dan penyerangan
·   Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana

- test

(perorangan)
- Test  Ketrampilan
- Demonstrasikan  
  gerakan :
1.       Menendang bola
2.       Mengontrol bola
3.       Menggiring bola
4.       Melempar Bola
5.       Menyundul bola





§  Rubrik Penilaian
                                Unjuk kerja permainan sepak bola
       
    Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1. Melakukan Juggling
2. menendang bola
3. mengontrol bola dengan telapak kaki dan kaki bagian dalam
4.menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan bagian luar
5.menyundul bola
6. Melempar bola





Jumlah:




Jumlah skor maksimal:








FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1





& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1




LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       


          Mengetahui                                                                  Kembangan, 2 Mei 2012
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel PJOK.


          SUPRAPTO                                                                GALIH PRIYATNO
NIP.19700910 199303 1 004                                       NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   SD NEGERI 2 KEMBANGAN
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester          :   V (LIMA)/ 2
Alokasi waktu            :   16 x 35 menit(4 x pertemuan)
Standar Kompetesi   :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar     :   1.3.  Mempraktikan gerak dasar  dalam tehnik lari lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai, sportifitas,dan kejujuran**)
Indikator                    :
Ø  Pengenalan tentang lari sprint
Ø   star jongkok
Ø  Saat berlari dan menyentuh finish
Ø  Pengenalan tentang lompat jauh gaya jongkok
Ø  Melakukan latihan dasar lompat jauh
Ø  Melakukan gerakan awalan,tolakan, sikap badan diudara dan mendarat
Ø  Pengenalan tentang  tolak peluru
Ø  Melakukan latihan dasar tolak peluru
Ø  Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa melakukan gerakan lari sprint dengan start jongkok
§  Siswa memahami gerakan lari dan cara menyentuh finish
§  Siswa melakukan lompat jauh gaya jongkok
§  Siswa melakukan gerakan latihan dasar tolak peluru
§  Siswa melakukan gerakan awalan, tolakan dan sikap akhir

v  Karakter siswa yang diharapkan :  
v  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Bersahabat, Menghargai prestasi,  Peduli sosial,  Tanggung jawab

B.     Materi Pembelajaran
§  Lari sprint
§  Lompat jauh
§  Tolak peluru
C.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah,tanyajawab,demonstrasi,latihan,penugasan
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan l (9 MEI 2012)
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti


  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F penjelasan pengertian dan sejarah lari sprint
F melakukan start jongkok
F melakukan gerakan lari dan cara menyentuh finish
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.
Pertemuan ll ( 16 Mei 2012 )
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sejarah lompat jauh serta peraturannya
F melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok (awalan, tolakan, sikap badan di udara dan mendarat)
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan lll (23 Mei 2012 )
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sejarah, alat dan peraturan tolak peluru
F melakukan latihan dasar tolak peluru
F melakuan tehnik awalan dengan berbagai gaya yang benar
F melakukan tehnik tolakan dengan benar
F melakukan tehnik sikap akhir yang benar
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan Vl ( 30 Mei 2012 )
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan  Inti
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F guru melakukan penilaian dari gerakan awalan,tolakan dan sikap akhir
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.


E.     Sumber Belajar
§  Buku Penjasorkes kls Vl
§  Buku referensi

F.     Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·         Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·   Pengenalan tentang lari sprint
·   Lari sprint
·   Pengenalan lompat jauh
·   Latihan lompat jauh gaya jongkok
·   Pengenalan tentang  tolak peluru
·   Melakukan latihan dasar tolak peluru
·   Melakukan gerakan awalan, tolakan,sikap akhir


- Test
(perorangan)

- Test  Ketrampilan
-  Lakukan macam-macam lari
-  Lakukan posisi start
-  Lakukan cara mask garis finish
-  Lakukan lompatjauh gaya jongkok

Peragakan :
-  Cara memegang peluru
-  Cara meletakkan peluru di bahu
-  Cara menolak peluru tanpa awalan maupun dengan awalan
-  Sikap akhir setelah menolak


§  Rubrik penilaian
                                                          Unjuk kerja gerak tolak peluru

      Aspek yang dinilai

1
2
3
4
1.Melakukan koordinasi gerak:
   a. awalan
   b. tolakan
   c. sikap akhir
2. Melakukan tolak peluru dengan tehnik yang benar





Jumlah




Jumlah skor maksimal:











FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
























 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

          Mengetahui                                                                  Kembangan, 2 Mei 2012
Kepala Sekolah                                                           Pelaksana PPK



          SUPRAPTO                                                                GALIH PRIYATNO
NIP. 19700910 199303 1 004                                      NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar